Kamis, 28 Maret 2013

TULISAN 2

TEORI KEPRIBADIAN SEHAT

ALIRAN PSIKOANALISA

Psikoanalisis merupakan suatu bentuk model kepribadian. Teori ini sendriri pertama kali diperkenalkan oleh Sigmun Freud (1856-1938). Freud pada awalnya memang mengembangkan teorinya tengtang struktur kepribadian dan sebab-sebab gangguan jiwa dan dengan konsep teorinya yaitu perilaku dan pikiran dengan mengatakan bahwa kebanyakan apa yang kita lakukan dan pikirkan hasil dari keinginan atau dorongan yang mencari pemunculan dalam perilaku dan pikiran. menurut teori psikoanalisa, inti dari keinginan dorongan ini adalah bahwa mereka bersembunyi dari kesadaran individual. Dan apabila dorongan – dorongan ini tidak dapat disalurkan, dapat menyebabkan gangguan kepribadian dan juga memggangu kesehatan mental yang disebut psikoneurosis

Bagi freud kehidupan mental terbagi dalam 2 tahap yaitu Alam sadar dan alam tidak sadar. alam tidak sadar menjadi tempat bagi semua dorongan, desakan maupun insting yang kita tidak sadari. alam bawah sadar muncul dari 2 sumber yaitu persepsi sadar dan alam tidak sadar. sedangkan alam bawah sadar memainkan peran tak berarti dalam psikoanalisis  bagi freud terdapat 3 wilayah pikiran yaitu ID, EGO dan SUPEREGO

ID

atau Das Es inti kepribadian yang sepenuhnya tidak disadari, fungsi ID adalah untuk memperoleh kepusan sehingga kita sering menyebut sebagai prinsip kesenangan, sifatnya pun tidak realistis.

EGO

Ego berfungsi menjembatani tuntutan-tuntutan Id dengan realitas di dunia luar. Ego adalah mediator antara hasrat-hasrat hewani dan tuntutan rasional dan realistic. Ego bekerja berdasarkan prinsip realitas.

SUPEREGO

mewakili aspek moral dari kepribadian serta dikendalikan oleh prinsip-prinsip moralitas dan idealis yang berbeda dari prinsip kesenangan dari ID dan prinsip realistis dari EGO. superego tidak punya kontak dengan dunia luar sehingga tuntutan superego mengenai kesempurnaan pun tidak realistis (freud, 1923/1961a)

ALIRAN BEHAVIOURISTIK


aliran ini diprakasai oleh John.B.Watson yang dalam teori ini menyatakan bahwa subjek psikologi dibatasi oleh studi mengenai perilaku dan kegiatan-kegiatan manusia dan binatang yang dapat diobservasi dan menolak pendapat bahwa pikiran sebagai subjek psikologi. Behavioralisme lahir sebagai reaksi terhadap instropeksionisme (yang menganalisis jiwa manusia berdasarkan laporan-laporan subjektif) behavioralisme ini hanya menganalisis perilaku yang nampak saja, yang dapat di ukur, dilukiskan dan diramalkan, secara psikologis, ini berarti bahwa seluruh perilaku manusia, kepribadian dan temperamen ditentukan oleh pengalaman indrawi.

Jadi kepribadian yang sehat menurut aliran ini adalah tergantung pada apa yang dialami dan di pelajari di masa lalunya,karena apapun yang terjadi dan di pelajari di masa lampau akan sangat berpengaruh pada aspek kesehatan mental di masa yang akan datang.

ALIRAN HUMANISTIK

Abraham Maslow dapat dipandang sebagai bapak dari Psikologi Humanistik ini. Gerakan ini merasa tidak puas terhadap Psikologi behavioristik dan Psikoanalisis.

teori ini menganggap bahwa keseluruhan dari seseorang terus-menerus termotivasi oleh suatu kebutuhan dan orang punya potensi untuk tumbuh menuju kesehatan psikologis yaitu aktualisasi diri.

karakteristik orang-orang yang mengaktualisasi diri antara lain :

  • Punya presepsi akan kenyataan lebih efisien
  • menerima diri sendiri,orang lain dan alam
  • memiliki spontanitas,kealamian , kesederhanaan 
  • dalam kehidupannya mereka melakukan pendekatan yang berpusat pada masalah
  • punya kebutuhan akan privasi
  • mandiri
  • memiliki ketertarikan sosial
  • memiliki rasa humor dan filosofis
  • memiliki kreativitas dan tidak mengikuti enkulturasi


SUMBER

http://smileandsprit.blogspot.com/2011/03/kepribadian-sehat-ditinjau-dari.html

Feist,Jess & Feist, Gregory J. 2010. Theories of Personality. Jakarta : Salemba Humanika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar